Bangga Produk dalam Negeri! 5 Ojek Online Lokal Karya Anak Bangsa
Dalam era digital yang semakin berkembang, aplikasi ojek online (ojol) menjadi solusi transportasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai aplikasi ojek online lokal yang dikembangkan oleh anak bangsa tidak hanya menawarkan kemudahan dalam mobilitas, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dari layanan transportasi hingga pengantaran barang, aplikasi ojek online ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan fitur yang inovatif. Berikut ini 5 aplikasi anak bangsa yang patut untuk kita dukung!
1. OKEJEK
Okejek didirikan oleh Yusuf Budiman Raharjo pada tahun 2015, Okejek adalah aplikasi berbasis teknologi yang bertujuan memberikan peluang pendapatan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang latar belakang. Sejak awal pertama kali berdiri, PT. OKEJEK KREASI INDONESIA telah focus pada berbagai macam layanan transportasi yang hingga saat ini sudah bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat di 115 kota besar di Indonesia dan kedepannya akan terus berkembang ke seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari komitmen untuk mendorong inklusivitas, Okejek membuka kesempatan bagi mereka yang kurang beruntung untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital. Dengan menyediakan layanan transportasi, pengiriman barang, dan kebutuhan sehari-hari lainnya, Okejek membantu mengatasi tantangan sehari-hari seperti kemacetan lalu lintas dan kurangnya infrastruktur publik. Pengguna juga dapat dengan mudah memasarkan produk mereka melalui Okejek tanpa harus keluar rumah, mendukung usaha kecil dan menengah.
Layanan yang ditawarkan Okejek mencakup Okejek untuk transportasi, Okefood untuk pemesanan makanan, dan Okemart untuk belanja harian. Dengan visi menjadi pusat layanan masyarakat dalam satu aplikasi (One Stop Service), Okejek bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dalam satu platform. Misi Okejek meliputi membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas, menjalin kerja sama dengan mitra usaha dan stakeholder, serta mendukung pengembangan UMKM di seluruh Indonesia. Selain itu, Okejek berkomitmen membuka kantor perwakilan di setiap provinsi untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat dan membina relasi bisnis dengan para mitra usaha.
Selengkapnya : Tentang Okejek
2. SHEJEKIND
Didirikan oleh Yofi Cahya pada tahun 2018, Shejekind adalah platform mobile yang menawarkan layanan transportasi online dengan konsep unik, mencakup pengiriman barang, serta kebutuhan lainnya khusus untuk perempuan. Shejekind dirancang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna wanita. Dalam setiap perjalanan, penumpang perempuan akan ditemani oleh driver perempuan, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Kehadiran Shejekind menjadi solusi dari kekhawatiran tentang interaksi antara pengemudi pria dan penumpang perempuan, khususnya bagi perempuan Muslimah. Shejekind berkomitmen menghadirkan pengalaman transportasi yang lebih aman, terhindar dari situasi yang dapat memicu khalwat atau ikhtilat.
Layanan Shejekind mencakup She Ride, She Car, dan She Send, yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan transportasi dan pengiriman bagi perempuan. Dengan visi menjadi media dakwah bagi Muslimah serta membantu perekonomian umat, Shejekind juga memberikan peluang bagi perempuan untuk meningkatkan penghasilan. Misinya adalah menjadi penyedia layanan ojek perempuan terdepan dan mendukung pengembangan UMKM. Menggunakan Shejek tidak hanya lebih aman dan nyaman, tetapi juga membantu memperluas relasi dan pertemanan di kalangan perempuan.
Selengkapnya : Tentang Shejekind
3. ACI (Aku Cinta Indonesia)
ACI, singkatan dari Aku Cinta Indonesia, adalah aplikasi karya anak bangsa yang dibangun dengan semangat gotong royong. Aplikasi ini hadir untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui berbagai layanan berbasis teknologi. Salah satu keunggulan unik dari ACI adalah konsep merah putih dan nasionalisme yang diusungnya. Aplikasi ini dirancang dengan semangat kebangsaan, bertujuan untuk memberdayakan produk lokal dan memberikan layanan transportasi yang memperkuat identitas bangsa. Dengan mengintegrasikan berbagai elemen digital, ACI bertujuan memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat melalui layanan transportasi online, pengantaran makanan, dan logistik, semua tersedia dalam satu platform yang mudah digunakan.
Tidak hanya itu, ACI menawarkan beberapa layanan unggulan, termasuk ACI Food untuk pemesanan makanan, ACI Ride untuk transportasi motor, ACI Car untuk transportasi mobil, dan ACI Kurir untuk pengiriman barang. Dengan visi menjadi platform bisnis digital terbesar di Indonesia, ACI berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang dengan semangat kemandirian, menjadi role model bagi bisnis digital lokal. Melalui misi memberikan layanan transportasi dan pengantaran berbasis kepuasan pelanggan serta inovasi, ACI berupaya menciptakan dampak sosial positif sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan di seluruh Indonesia.
Selengkapnya : Tentang ACI
4. JOGJAKITA
JogjaKita adalah aplikasi ojek online lokal yang dikembangkan oleh anak bangsa. Beroperasi di Yogyakarta dengan misi menggabungkan teknologi modern dengan kearifan lokal kota Jogja. Diluncurkan sebagai alternatif transportasi online yang ramah bagi warga lokal dan wisatawan. Aplikasi ini menyediakan beragam layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dengan berbagai fitur yang mudah diakses melalui smartphone, JogjaKita memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Berbagai layanan unggulan yang tersedia di JogjaKita mencakup JogjaRide untuk transportasi online, JogjaCar untuk sewa mobil, JogjaShop untuk belanja, dan JogjaSend untuk pengiriman barang. Selain itu, JogjaKita juga menawarkan lebih dari 500 jenis pembayaran, mulai dari pembayaran listrik, air, dan internet, hingga pembelian tiket pesawat, kereta, pulsa, paket data, serta isi saldo untuk berbagai dompet digital seperti Gopay, OVO, dan Dana. Dengan visi menjadi platform bisnis digital terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Misinya adalah menyediakan layanan transportasi dan pengantaran yang mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.
Selengkapnya : Tentang JogjaKita
5. ANTERIN
Anterin adalah aplikasi yang didirikan oleh Imron Hamzah pada tahun 2016, menawarkan transparansi serta kebebasan bagi pengguna dalam menentukan harga dan kualitas layanan pengantaran. Dengan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan, Anterin memastikan pengalaman pengantaran yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik untuk pengiriman barang kecil maupun besar.
Layanan yang disediakan Anterin mencakup Anterin Express, yang menggunakan motor untuk pengantaran barang dalam kota dengan cepat dan aman. Selain itu, ada Anterin Truk, yang memungkinkan pengantaran barang berukuran besar dengan mudah dan aman kapan saja. Terakhir, Anterin Mobil menyediakan layanan transportasi menggunakan mobil yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan gaya dalam setiap perjalanan. Dengan berbagai pilihan ini, Anterin siap memenuhi kebutuhan pengantaran Anda dengan efisiensi dan keandalan.
Selengkapnya : Tentang Anterin
Beralih ke yang lebih baik