Lifestyle

3 Fakta Unik Kota Kediri

Kewajiban Mitra Daerah
simpang lima gumul kediri
Simpang Lima Gumul Kediri. Source: Pinterest/BabeNewsIndozone

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang di sebelah utara, Kabupaten Malang di timur, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung di selatan, serta Kabupaten Nganjuk di barat dan utara. Namun, tahukah kamu jika Kota Kediri memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum ketahui? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Pusat Pelatihan Bahasa Inggris Terbesar di Indonesia

kampung inggris
Kampung Inggris. Source: Website/Dictio

Kediri memiliki pusat pelatihan bahasa Inggris yang bisa dibilang terbesar dan menjadi tujuan utama bagi warga Indonesia yang ingin mempelajari dan menerapkan penggunaan bahasa Inggris dikehidupan sehari-hari. Kempoeng Inggris berada di Pare, Kabupaten Kediri. Pertama kali pusat pelatihan bahasa Inggris di Kediri pertama kali didirikan oleh Mr. kalend BEC yang kemudian terus bertumbuh ke desa-desa sekitar. Tak hanya perluasan daerah dan menjamurnya tempat pelatihan, setiap tahunnya peserta pelatihan turut meningkat. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kesadaran hingga kebutuhan penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari semakin diperlukan.

2. Pondok Pesantren Tertua di Indonesia

pondok pesantren lirboyo
Source: Website/CendekiPrivat

Tak hanya pusat pelatihan terbesar, Kediri juga memiliki Pondok Pesantren tertua di Indonesia yang berada di Desa Lirboyo. Sesuai dengan daerahnya, pondok pesantren ini memiliki nama Pondok Pesantren Lirboyo. Pondok Pesantren Lirboyo pertama kali didirikan pada tahun 1910 M oleh KH. Abdul Karim. Dengan gelar pesantren tertua di Indonesia, Pondok Pesantren Lirboyo menunjukkan eksistensinya melalui pengembangan dari segala aspek, tak terkecuali melakukan pembangunan untuk pondok pesantren yang menjadi cabang dibeberapa kota seperti di Kota Blitar dan Kota Malang.

3. Pabrik Rokok Terbesar di Indonesia

Source:WikimediaCommons

Indonesia menjadikan tembakau sebagai salah satu komoditas utama. Tapi, tahukah kamu jika salah satu merk rokok terbesar di Indonesia memiliki pabrik rokok terbesarnya di Kota Kediri? Merk dagang rokok tersebut adalah Gudang Garam yang menjadi pemilik 21 persen di pangsa pasar rokok nasional. Gudang Garam mendirikan perusahaan pertamanya pada tahun 1958 oleh Surya Wonowidjojo dan terus berkembang hingga memiliki kompleks tembakau sebesar 514 are di pusat Kota Kediri. Tak hanya di Kediri, Gudang Garam juga memiliki beberapa pabrik yang berlokasi di Sumenep, Karanganyar dan Gempol.

Selain fakta-fakta unik diatas, Kota Kediri juga memiliki banyak hal menarik seperti wisata alam dan juga wisata kuliner yang bisa kamu coba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *