Kuliner Kuliner Nganjuk

3 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Nganjuk

Berkunjung ke Nganjuk tak akan lengkap jika tak membawa buah tangan. Apalagi jika kamu baru pertama kali mengunjungi kota yang sering dijuluki dengan istilah Anjuk Ladang ini. Oleh-oleh Nganjuk ini pun bermacam-macam. Mulai dari Dumbleg hingga batik. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh Nganjuk yang bisa kamu bagikan untuk orang terdekatmu.

  1. Dumbleg

Oleh-oleh yang satu ini menggunakan tepung beras sebagai bahan dasar. Tepung beras ini diolah bersamaan dengan santan, gula merah, dan gula pasir. Adonan yang telah dicampur kemudian dipelepah pisan layaknya membuat lontong. Makanan dengan tekstur empuk dengan rasa yang tidak terlalu manis dengan rasa gurih yang nikmat ini, memiliki dua jenis yaitu Dumbleg Merah dan Dumbleg Putih. Perbedaannya hanya pada gula yang digunakan. Dumbleg merah menggunakan gula merah sedangkan Dumbleg putih tidak menggunakan gula merah.

  1. Bawang Goreng

Meskipun oleh-oleh yang satu ini terlihat sepele, namun paling banyak dicari oleh wisatawan. Kota Nganjuk terkenal atas hasil bumi berupa bawang merah. Sehingga kini bawang merah tak hanya dijual dalam bentuk mentah melainkan ada yang menjadi bawang goreng. Bawang goreng banyak diminati lantaran bisa dijadikan camilan hingga perlengkap hidangan.

  1. Batik Nganjuk

Batik Nganjuk terkenal atas motif Anjuk Ladang. Oleh-oleh Nganjuk ini pun bervariasi mulai dari kain hingga pakaian siap pakai seperti kemeja yang cocok digunakan untuk berbagai acara. Kualitas batik Nganjuk pun tak perlu diragukan lagi, karena oleh-oleh Nganjuk yang satu ini masih menggunakan teknik tradisional yaitu batik tulis dan batik cap.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *